Membangun Brand Image

Posted : 06 August 20174

Membangun brand image yang kuat tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat, memakan waktu yang sangat lama, dan pastinya membutuhkan dukungan biaya yang tidak murah. Maka wajar apabila banyak pelaku usaha yang akhirnya gagal menjalankan bisnisnya karena mereka tidak berhasil menciptakan brand image yang cukup kuat, sehingga produk yang dihasilkannya tidak bisa bertahan lama di tengah deruan pasar yang semakin besar.

Kondisi tersebut menjadi bukti nyata bagi kita bersama, bahwa keberadaan merek menjadi salah satu aset berharga yang akan membawa sebuah perusahaan menuju puncak kesuksesannya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan para pelaku usaha ketika brand image atau merek yang mereka bangun berhasil menguasai pasar. Kira-kira manfaat apa saja yang bisa diperoleh pelaku usaha ketika brand imagenya semakin kuat?

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika brand image Anda tumbuh  semakin kuat.

1. Memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. 
Tak bisa dipungkiri bila produk branded (bermerek) selalu mendapatkan ruang khusus dihati para konsumen. Bahkan tak jarang konsumen pun lebih senang membeli produk yang memiliki merek ternama dibandingkan memilih produk-produk baru yang belum jelas identitasnya. Semakin kuat brand image yang dimiliki sebuah produk, maka semakin besar pula minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

2. Lebih mudah mendapatkan loyalitas pelanggan. Ketika brand image yang Anda miliki telah mendapatkan nilai plus dimata para konsumen, maka secara tidak langsung para konsumenlah yang akan mendatangi produk Anda. Sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan transaksi berulang-ulang dan menjadi pelanggan setia produk Anda tanpa harus diminta. Apabila loyalitas konsumen telah terbangun, para pelanggan pun tidak segan-segan untuk mereferensikan merek Anda kepada orang lain yang mereka kenal. Sehingga peluang Anda untuk meningkatkan omset penjualan produk, semakin terbuka lebar.harga produk

3. Membuka peluang Anda untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi. Mungkin Anda pernah mendengar istilah orang Jawa yang sering mengatakan “Ono rego ono rupo”, maksud dari istilah tersebut adalah bahwa barang yang berkualitas (bermerek) selalu diiringi dengan harga jual yang lebih tinggi. Bahkan para pelanggan pun tidak perlu ragu ketika mereka harus membayar produk dengan harga yang lebih mahal, karena mereka telah percaya bahwa produk yang mereka beli memiliki kualitas yang benar-benar terjamin.

4. Peluang bagi pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk. Ketika merek produk Anda sudah cukup kuat, maka tidak menutup kemungkinan Anda pun bisa melakukan diferensiasi produk untuk memperluas pangsa pasar yang sudah ada. Strategi pemasaran inilah yang sering dijalankan perusahaan-perusahaan besar untuk menguasai pasar dan mengalahkan para pesaingnya.

5. Menjadi ciri tertentu yang membedakan produk Anda dengan produk milik pesaing. Keberadaan merek menjadi kunci utama bagi para konsumen untuk membedakan produk Anda dengan milik para pesaing. Semakin kuat brand yang tertanam dalam benak para konsumen, maka semakin mudah pula mereka membedakan produk Anda dengan produk lainnya yang ada di pasaran. Sehingga peluang Anda untuk memenangkan persaingan pasar semakin terbuka lebar dan omset penjualan yang Anda dapatkan pun akan semakin besar.

Semoga informasi tips pemasaran bisnis yang membahas tentang brand image yang kuat memberikan banyak manfaat ini bisa membantu para pelaku usaha yang menghadapi kesulitan ketika memasarkan produk-produknya. Ciptakan strategi yang paling cocok bagi bisnis Anda, dan dapatkan omset besar setiap bulannya. Salam sukses.